Minggu, 31 Oktober 2010

ABSTRAK
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG
PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA RODA BILANGAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VI DI SLB-B PERTIWI KOTA MOJOKERTO

Pemahaman siswa tunarungu terhadap mata pelajaran yang tidak memerlukan pemahaman bahasa, memiliki tingkat pemahaman yang sama seperti anak normal pada umumnya. Dalam hal ini matematika adalah mata pelajaran yang paling dikuasai siswa tunarungu dan salah satu mata pelajaran yang paling disukai siaswa tunarungu. Namun pada kenyataannya, nilai yang dihasilkan pada mata pelajaran matematika terutama materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah sangat rendah.
Oleh karena itu penulis mencoba mencari penyebab terhadap masalah ini dan mencoba menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Adapun penyebab rendahnya nilai yang dihasilkan adalah:
1.      Kurangnya keprofesionalan para pengajar matematika
2.      Penggunaan media pembelajaran yang kurang kreatif dan tidak mengena
3.      Kurangnya semangat belajar siswa
Adapun solusi yang penulis tawarkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan penggunaan media roda bilangan sebagai pengganti media garis bilangan yang kurang menarik dan statis untuk menjelaskan materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
Media roda bilangan  merupakan alat peraga berupa papan yang dipotong melingkar dengan yang  bertujuan sebagai media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa tunarungu kelas VI dalam memahami konsep dasar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.


Kata kunci:  operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, media roda bilangan, siswa tunarungu