RENCANA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDLB-C1 Tunagrahita Sedang
Mata pelajaran : Agama Islam
Kelas / semester : II (dua) / I
Standar Kompetensi : Aqidah
Mencontoh prilaku terpuji
Kompetensi Dasar : Memberi contoh perilaku hidup sederhana
Indikator : Mengenal pentingnya perilaku hidup
Sederhan
Melaksanakan perilaku hidup sedernaha
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasikan jenis-jenis hidup sederhana
Siswa dapat mngenal tentang pola hidup sederhana
Siswa dapat mengetahui tentang hidup hemat.
Siswa dapat memberi contoh tentang hidup sedernahaa
Siswa dapat mencerikatan kembali pengalaman tentang hidup sederhana
B. Materi Pokok
>> Pentingnya Pola Hidup Sederhana
C. Metode Pembelajaran
Ceramah
Demonstrasi
Tanya Jawab
Tugas
D. Media dan Sumber Belajar
1. Media
Sesuai dengan alat dan bahan yang digunakan pada buku bacaan siswa halaman terkait, LKS, lembar penilaian, dan kegiatan lain terkait.
2. Sumber Belajar
Kurikulum KTSP-C1 Tunagrahita Sedang
Buku Paket Agama Islam Kelas II
Kreatifitas Guru
E. Model Pembelajaran
>> Pembelajaran Langsung
F. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
Mengucapkan salam
Berdoa bersama
Mengabsen kehadiran siswa
Appersepsi
2. Kegiatan Inti
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
Guru menjelaskan materi tentang pola hIdup sederhana
Guru menjelaskan tentang cirri-ciri pola hidup sederhana.
Guru menanyakan pada anak, dalam gambar tersebut apakah mncerminkan pola hidup sederhana? anak menjawab sambil melihat gambar.
Guru menanyakan tentang macam-macam hidup sederhana
Guru menjelaskan perbedaan tentang hidup sederhana dan hidup boros.
Guru mengajak anak untuk menceritakan pengamalan tentang pola hidup sederhana dirumah.
Setelah diperagakan guru menanyakan kembali apakah kegiatan tersebut pernah dilihat dilingkungan rumah?
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa yang masih belum mengerti tentang materi pola hidup sederhana Siswa memperhatikan penjelasan guru
Siswa memperhatikan penjelasan guru.
Siswa menjawab pertanyaan guru
Siswa memperhatikan penjelasan dari guru.
Siswa maju kedepan kelas dan menceritaakan pengalamannya sesuai yang diperintahkana guru.
Siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru mengacungkan tangan dan menjawab pertanyaan guru.
Siswa yang belum megerti tentang materi pola hidup rukun segera bertanya kepada guru dengan cara mengacungkan tangan
3. Kegiatan Akhir
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi tentang pola hidup sederhana secara bersama-sama
Guru menutup pelajaran
Berdoa bersama
Megucapkan salam
G. Penilaian
1. Tes lisan
Jelaskan pengertian hidup sederhana?
Sebutkan ciri-ciri hidup sederhna ?
Jelaskan perbedaan pola ahidup sederhana dan hidup boros ?
2. Pengamatan
3. Tes tulis
Jelaskan pengertian tentang hidup sederhana ?
Sebutkan cirri-ciri hidup serhana ?
Jelaskan perbedaan pola ahidup sederhana dan hidup boros ?
Pernakah kalian menabung ?
Adakah di antara kalian yang pernah mengalami
hidup boros ?
Kompetensi Dasar
>> Memberi Contoh Perilaku Hidup Sederhana
Indikator
Siswa dapat mengidentifikasikan jenis-jenis hidup sederhana
Siswa dapat mngenal tentang pola hidup sederhana
Siswa dapat mengetahui tentang hidup hemat.
Siswa dapat memberi contoh tentang hidup sedernahaa
Siswa dapat mencerikatan kembali pengalaman tentang hidup sederhana
Materi Pokok
>> Pola Hidup Sederhana
HIDUP SEDERHANA
PENGERTIAN HIDUP SEDERHANA
Hidup sederhn adalah perilaku yang tidak boros
Hidup hemat berarti tidak hidup kikir.
Hidup hemat dilakukan dimana saja.
Dirumah, sekolah dan di masyarakat.
contoh prilkau hidup secara sedrhana
adalah membiasakan menabung.
Menggunakan listrik dan air seperlunya.
Dan merawat barang dengan baik.
Hidup sederhana melatih kita untuk
bisa hidup secara mandiri.
Pola hidup sederhana juga melatih
kita untuk bisaa melakukan
penghematan dan tidak boros.
Hidup sederhana merupakan perbuatan yang terpuji.
PERILAKU HIDUP SEDERHANA
HIDUP SEDERHNA DIRUMAH
Keluarga pak wijaya terdiri atas empat orang. Mereka adalaha pak wijaya, bu marta serta anaknya yang bernama dhika daan dhini. Mreka membisakan pola hidup sederhana.
Mereka mematikan lampu jika hari sudah terang. Dan menggunakana air secukupnya.
Bu marta belaanja kebutuhan rumah seperlunya.
Dhika dan dhini menggunakna dan merawat mainan dengan baik.
HIDUP SEDERHNA DISEKOLAH
BEKAL DARI MAMA
Pagi yang cerah eko berangkat kesekolah.
Uang saku dari mama tersimpan disaku celana.
Bekal kue buatan mama sungguh enak rasanya.
Saat istirahat tiba, eko menikmati bekalnya.
Eko tidak perlu jajan, uang saku eko utuh tersimpan.
Eko tidak sendirian, beberapa teman eko juga ada
Yang mmbawa bekal makanan disekolahan.
Uang saku mereka bisa untuk ditabung.
Kita harus membiasakan diri hidup hemat baik dirumah maupun disekolah. Contoh perilaku hemat dirumah adalah menggunakan listrik dengan seperlunya. Contoh perilkau sederhana disekolah adalah membeli jajan dengn seperlunya sajaa dan sisa uangnya ditabung.
A. Pilihlah salah satu jaeaban yang paling tepat !
1. Dibawah ini merupkan contoh perilaku hidup hemat yaitu ….
a. Suka membeli jajan.
b. Suka menabung
c. menghabiskan uang
2. Perilaku sederhana dirumah adalah……..
a. Memakai listrik seadanya
b. Sering bermain air.
c. Memakai air tidak seperlunya.
3. Contoh perilku sederhana disekolah adalah …..
a. Tidak jajan
b. Suka jajan sembarangan
c. Membeli mainan
4. berikut ini adalah perilakau sederhana disekolah kecuali…..
a. suka jajan
b. uang saku ditabung
c. membeli mainan
5. contoh perilaku hemat dirumah adalah kecuali……
a. sering bermian air
b. menggunkaan listrik seperlunya
c. menggunakan listrik sesukanya
B. Jawablah pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dengan tepat !
1. Apakan perilaku sederhana itu baik !
2. Apa manfaat hidup sederhana !
3. Contoh perilaku sederhna disekolah adalah !
4. Contoh perilaku sederhana disekolah adalah ?
5. Andi sering bermain air dirumah, perilaku tersebut termasuk perilaku !
C. Isilah kolom berikut ini sesuai dengan aaktivitsmu dalam menerapkan hidup hemat
NO. PERILAKU HIDUP SEDERHANA
DIRUMAH DISEKOLAH
1
2
3
4
5
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar